Minggu, 09 Januari 2011

Sikap Moderat

Mengambil sikap pertengahan atau wasath adalah kata lain dari moderat. Sikap ini hendaknya dimiliki oleh kaum muslimin. Yaitu suatu sikap dimana kita berpijak diantara dua sikap yang tidak baik,memakasakan diri dan bersantai ria, yang menyepelekan ilmu dan meremehkan amal. Seorang muslim bersikap pertengahan diantara yang memuja dunia dan yang menuju akhirat tanpa memijak dunia (meninggalkan keduniawian).

Sikap Moderat ini bisa dibaca dari petunjuk Rasulullah yang terdapat dalam hadits Imam Bukhari dan Muslim. Dikisahkan bahwa ada tiga orang yang ingin beramal melebihi Rasulullah. Mereka melihat Rasulullah yang dijamin masuk surga pun masih bersemangat beramal. Karena itu satu diantaranya ingin salat malam terus tanpa henti, yang kedua ingin puasa terus tanpa berbuka dan yang ketiga ingin meninggalkan pernikahan. Rasulullah melarang keinginan ketiga orang tersebut. Beliau tetap menekankan untuk tidak berlebihan, beliau salat juga tidur, puasa tapi juga berbuka dan menikahi wanita.

Petunjuk Rasulullah memang tidaklah akan salah. Beliau membenci kemalasan sehingga menuntunkan pada umatnya agar berlindung dari sifat lemah dan malas. Karena itu beliau memerintahkan untuk bersemangat dalam kebaikan. Sementara itu beliau juga mengingatkan bahaya semangat yang tidak terarah dan terkendali (ekstrim).

Sikap yang harus diambil oleh seorang muslim, tentunya harus tetap pada jalur syariat baik ketika beramal dalam keduniaan maupun akhirat. Dengan sikap inilah langkah kaum muslimin insyaallah akan selamat.

Artikel Yang Berkaitan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar