Jumat, 13 Agustus 2010

Agar Anak Tidur Nyaman

Tidur bagi anak tidak hanya berperan menggantikan tenaga yang hilang. Bagi bayi ataupun anak, tidur memiliki arti yang jauh lebih penting dan memegang peranan besar bagi perkembangannya. Saat tidur, hormon-hormon tubuh diproduksi, dan terjadi perbaikan fungsi sel-seltubuh,termasuk sel otak. Tidur juga akan membantu meningkatkan daya ingat.

Kebanyakan anak membutuhkan jadwal tetap sebelum tidur untuk membuatnya terbiasa tidur di malam hari. Meskipun demikian banyak anak yang mengalami sulit tidur meskipun telah mempunyai jadwal yang tetap. Kadang, tiba-tiba ia menolak untuk berangkat tidur atau sering terbangun di tengah malam. Disinilah kita sebagai orang tua harus berperan aktif untuk menciptakan suasana yang aman serta nyaman untuk anak. Sehingga ia dapat tidur dengan lebih tenang, serta tidak akan merasa takut. Brikut ini hal-hal yang dapat Anda coba jika Anak mengalami sulit tidur.

>>1. Buatlah kamar tidur bagi anak yang nyaman.

Suasana kamar tidur yang nyaman dan menyenangkan akan membuat anak betah tinggal di kamar, meskipun ditinggal di malam hari. Bila anak kita mempunyai kamar tersendiri, buatkan pintu penghubung dengan kamar orang tua. Sebaiknya pintu dibiarkan terbuka atau ditutup tapi jangan dikunci. Jangan taruh anak kunci di lubang kunci karena dikhawatirkan anak akan memainkannya danterkunci.

Bila anak Anda tidur sekamar dengan kakanya, hindari penggunaan kamar tidur bertingkat. Kendati kakak tidur di ranjang atas, dikhawatirkan s kecil memanjat dan terjatuh. Ada baiknya ranjang untuk anak balita dibri "pagar" pengaman. Terlebih bila saat tidurpun, ia tidak bisa tidur tenang.

>>2. Sertakan benda-benda yang disukai sebagai penenang.

Tidak ada salahnya membiarkan anak tidur didampingi oleh mainan atau benda tetentu yang telah dianggapnya sebagai penenang. Memeluk benda itu sering kali membutnya lebih cepat tidur dan merasa lebih tenang jika ditinggal tidur sendiri.


>>3. Kurangi waktu tidur siang.

Kebiasaan untuk tidur siang bukanlah keharusan bagi anak. Tentukan tidur siang sekitar 1-2 jam saja, agar malamnya ia bisa tidur 8-10 jam. Waktu tidur yang cukup sangat baik untuk kesehatan anak, memperlancar metabolisme dan meningkatkan aktivitasnya.

>>4. Perhatikan jadwal tidur.

Biasakan agar anak Anda tidur pada waktunya. Ajari mencuci tangan dan kaki, bacakanlah buku cerita serta berdoa sebelum lampu dimatikan dan sebagainya. Biasakan pola ini semenjak dini agar anak terlatih untuk berdisiplin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar