Selasa, 14 September 2010

Mencegah Arthritis

Arthritis adalah kelainan sendi yang meliputi peradangan. Arthritis seringkali disertai oleh nyeri sendi. Nyeri sendi dirujuk sebagai arthralgia. Sendi adalah area dari tubuh dimana dua tulang-tulang yang berbeda bertemu. Sendi berfungsi untuk menggerakan bagian tubuh yang dihubungkan oleh tulang-tulangnya. Arthritis secara harafiah berarti peradangan dari satu atau lebih sendi-sendi.

Penyebab dari arthritis tergantung pada bentuk dari arthritis. Penyebab-penyebab termasuk luka (menjurus pada osteoarthritis), kelainan metabolisme (seperti gout dan pseudogout), faktor keturunan, infeksi, dan sebab yang lain (seperti rheumatoid arthritis dan systemic lupus erythematosus).

Mempertahankan berat badan sehat dan mendapatkan kecukupan kalsium adalah kunci bebas sakit sendi. Menambahkan langkah-langkah berikut dapat membantu menjamin Anda tetap bisa gerak cepat. Dimana para riset menyarankan:

Menjaga kolagen tetap kuat dengan vitamin C.

Dalam sebuah studi dewasa ini dekemukakan bahwa orang-orang yang makan paling banyak hasil bumi kaya vitamin C berkemungkinan lebih rendah 66% mengembangkan rematik. Vitamin C menurunkan kadar zat kimia irritant di dalam cairan yang melumaskan sendi dan meningkatkan kolagen, protein yang menguatkan jaringan-jaringan dan tulang-tulang. Kuncinya menurut para ahli adalah, dapatkan vitamin C dari makanan. Dosis harian yang terbukti dalam studi adalah 56 mg, jumlah yang terdapat di dalam 5 stroberi.

Memanjakan sendi dengan jus jeruk.

Ahli rematik Inggris menemukan, minum segelas jus jeruk setiap hari dapat menurunkan risiko inflammatory arthritis sampai lebih dari 51%. Khasiat ini berasal dari zeaxanthin dan beta-cryptoxanthin, dua antioksidan karotenoid yang mengurangi kerusakan ligamen sendi.

Mencegah kerusakan jarinan dengan teh.

Dalam sebuah studi dikemukakan bahwa minum 3 cangkir atau lebih sehari dapat mengurangi kemungkinan mendapatkan rematik sampai 60%. Penyebabnya adalah, senyawa EGCG di dalam teh tampak menekan produksi cytokines, protein yang menghancurkan jaringan-jaringan penghubung. Coba saja dengan ekstrak teh hijau untuk mendapatkan antioksidan EGCG yang mencegah enzim merusak tulang rawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar