Sabtu, 28 Agustus 2010

Mengubah Kekalahan Menjadi Kemenangan

Adalah tidak mungkin untuk mencapai keberhasilan yang besar tanpa menjumpai perlawanan, kesukaran dan kemunduran. Tetapi mungkin saja, anda menggunakan kemunduran sebagai pendorong untuk lebih maju sehingga anda menjalani hidup ini selebihnya tanpa kekalahan. Karena dibalik kisah sukses, terdapat kisah seseorang yang berjuang untuk menempuh jalan naik. Pada tahap ini yang diperlukan hanyalah orang yang tekun yang tidak pernah berpikir bahwa dirinya kalah.

Perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan didapatkan pada sikap orang terhadap kemunduran, merasa dirinya cacat, keputusasaan, dan situasi lain yang mengecewakan.

Berikut ini beberapa hal yang dapat membatu anda untuk mengubah kekalahan menjadi kemenangan.

* Pelajari kemunduran dan kekurangan anda, karena ini akan melicinkan jalan menuju keberhasilan. Sebagai contoh, di YPAC Surakarta. Ada seseorang yang membuat saya kagum. Dengan kekurangan pada anggota tubuh (mohon maaf pada tangan) dia pantang menyerah mempelajari kekurangannya sehingga perlahan-lahan dapat mengubah kekurangannya tersebut menjadi kelebihan (dengan membuat lukisan dan kaligrafi) yang mungkin sukar untuk kita bayangkan. Hal tersebut diatas merupakan gambaran yang dapat kita petik hikmahnya, bahwasanya ketika anda kalah, belajarlah, dan kemudian lanjutkan untuk menang pada kesempatan berikutnya.

* Miliki keberanian untuk menjadi kritikus diri sendiri yang konstruktif. Jangan melarikan diri dari kekurangan dan kekalahan. Selidiki kesalahan dan kelemahan anda dan kemudian perbaiki. Jangan hanya bisa menyalahkan orang lain, karena hal ini tidak akan banyak membantu bahkan akan merusak apa yang telah ada perjuangkan.

* Berhentilah menyalahkan nasib. Periksa setiap kemunduran dan cari tau apa yang menjadi kekeliruan. Karena perlu diingat, bahwa menyalahkan nasib tidak akan membawa seseorang ke tempat yang dituju.

* Gabungkan ketekunan dengan eksperimen, yaitu melaksanakan apa yang menjadi impian anda dengan sebuah tindakan yang nyata. Kesalahan, kegagalan akan banyak kita temui tetapi tetaplah pada cita-cita anda, evaluasi kesalaan dan kegagalan yang ditemui dengan mencoba pendekatan baru. Sebagai contoh Thomas Alfa Edison adalah salah seorang ilmuwan yang dihargai karena ketekunannya. Dia berhasil mengembangkan bola lampu setelah menjalani ribuan eksperimen dan ribuan kegagalan yang menyertainya. Dari petikan diatas dapat kita simpulkan bahwa ketekunan saja bukanlah jaminan kemenangan. Akan tetapi ketekunan yang digabungkan dengan eksperimen benar-benar akan banyak membantu.

* Perlu diingat bahwa pada setiap situasi akan ada sisi baiknya, dengan kata lain akan ada hikmah yang dapat kita petik pada setiap kejadian atau situasi bagaimanapun juga. Carilah sisi baik itu dan tolaklah rasa frustasi anda. Karena pada setiap situasi akan ada jalan terang.

* Ikhtiar dengan kata lain selain kita berusaha dengan sekuat tenaga, harus disertai dengan doa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar