Sabtu, 14 Agustus 2010

Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Dalam Upaya Menghilangkan Rasa Ketakutan

Tindakan sederhana berikut mudah-mudahan dapat memberikan gambaran dalam upaya menumbuhkan rasa percaya diri anda. Karena tindakan yang penuh percaya diri akan menghasilkan cara berpikir yang penuh percaya diri.

1. Biasakan duduk di barisan terdepan dalam suatu pertemuan.

Pernahkan anda memperhatikan dalam suatu pertemuan- pertemuan biasanya tempat duduk di belakang terisi penuh lebih dahulu. Kebanyakan orang bergerombol duduk dibarisan belakang, dengan harapan tidak terlihat mencolok hal ini dikarenakan mereka kurang percaya diri.

Duduk di depan membangun rasa percaya diri. Cobalah, mulai sekarang dan seterusnya jadikan kebiasaan untuk duduk di barisan sedepan mungkin. Mungkin akan terlihat sedikit mencolok, tapi ingat tidak ada yang tidak mencolok sehubungan dengan sukses.

2. Biasakan mengadakan kontak mata apabila berbicara dengan orang lain.

Bagaimana orang menggunakan matanya dan memberitau kita banyak hal tentang diri orang bersangkutan. Secara naluriah anda akan mengajukan pertanyaan pada diri sendiri mengenai orang yang tidak mau memandang ke mata anda. Apa yag ia sembunyikan? Apa yang ia takutkan? Apakah ia mencoba untuk membohongi saya? Apakah ia menyembunyikan sesuatu?

Memandang mata lawan bicara mengatakan kepadanya, bahwa ia jujur dan tulus. Saya percaya akan apa yang saya katakana kepada anda. Saya tidak takut. Hal ini bukan hanya memberi anda kepercayaan diri tetapi juga akan membuat orang lain juga percaya kepada anda.

3. Biasakan berbicara terus terang.

Berbicara terus terang merupakan vitamin bagi pembangunan kepercayaan diri anda. Manfaatkan pembangunan kepercayaan ini. Jadikanlah kaidah untuk berbicara dengan berani pada tiap pertemuan terbuka yang anda ikuti. Jangan pernah khawatir akan tampak bodoh ketika anda mengemukakan pendapat, karena untuk tiap orang yang tidak setuju dengan pendapat anda, kemungkinannya ada satu orang yang akan setuju.

4. Berjalan sedikit lebih cepat.

Para psikolog mengaitkan gerak tubuh dan cara berjalan yang lamban merupakan sikap yang tidak menyenangkan terhadap diri sendiri, pekerjaan dan orang lain di sekeliling kita. Mereka merupakan orang yang tidak puas, orang yang benar-benar sengsara, benar-benar berjalan terhuyung dan tersandung sepanjang jalan. Mereka mempunyai kepercayaan diri nol besar.

Sementara ada orang yang memperlihatkan kepercayaan diri yang super. Mereka berjalan sedikit lebih cepat dari rata-rata orang. Cara berjalan mereka mengatakan kepada dunia bahwa mereka akan pergi ke suatu tempat yang penting dan akan mengerjakan sesuatu yang penting.

5. Tersenyum lebar.

Tersenyumlah kepada setiap orang, tetapi jangan terlalu sering senyam senyum--- nanti mlahan kebablasan. Senyum yang setengah- setengah tidak meyakinkan. Tersenyumlah yang lebar, tersenyum hingga gigi anda terlihat. Manfaatkan kekuatan dari senyuman. Gak percaya? Coba saja……

Tidak ada komentar:

Posting Komentar