Jumat, 03 September 2010

Upaya Menghilangkan Kebiasaan Buruk Pada Anak

Si kecil yang nakal dan susah diatur adalah hal yang wajar, bahkan ini adalah pertanda anak yang sehat dan normal. Bila sikecil berlaku seperti itu hendaknya kita sebagai orang tua jangan langsung mengambil jalan pintas, misalkan dengan memberi hadiah atau upah agar mau nurut, ini tidak baik bagi perkembangan jiwa si kecil. Hal ini malahan akan membuat si kecil menjadi kebiasaan, sehingga ia hanya mau disuruh berbuat baik jika mendapat upah atau hadiah. Hendaknya kita sebagai orang tuanya sebisa mungkin menanamkan keikhlasan dalam beraktifitas.

Berikut ini beberapa tip yang bisa menjadi alternatif dalam upaya menghilangkan kebiasan buruk pada anak.

[1]. Menemani beraktifitas sambil memberikan pengertian sederhana tentang pentingnya niat yang baik dalam mengerjakan sesuatu. Karena sesuatu aktifitas bila didahului dengan niat yang baik tentu hasilnya juga baik.

[2]. Latih kebiasaan baik sejak dini, dalam hal ini perlu adanya teladan dari orang tua dan segenap keluarga.

[3]. Kalau memberikan hadiah atau upah, jangan terkesan sekedar ingin dipatuhi, tetapi penghargaan atas kerja kerasnya. Sangat baik disampaikan tentang baiknya keikhlasan dan pahala dari Allah Swt. Ceritakan bahwa Allah selalu melihat perbuatan kita dan menyayangi anak-anak yang ikhlas dan rajin.

[4]. Berikan buku/majalah tentang anak salih yang rajin, hidup sehat dan teratur.

[5]. Hendaknya diawasi teman sepermainannya, agar tak terimbas kejelekan teman.

Jangan lupa tentunya kita sebagai orang tua hendaknya memberikan pengertian dengan pendekatan-pendekatan yang positif yang disertai dengan kesabaran dan manajemen yang baik. Sehingga apa yang Anda usahakan dapat diterima anak dengan baik dan dengan penuh kesadaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar