Minggu, 22 Agustus 2010

Infant Hepatitis B

Apakah Hepatitis B itu?

Hepatitis B itu adalah suatu penyakit infeksi yang dapat merusak hati. Penyebabnya adalah virus Hepatitis B. Penyakit ini dapat berlangsung lama dan menjadi berat. Bayi-bayi yang terjangkit penyakit ini mungkin hanya mempunyai gejala-gejala yang ringan, atau tidak mempunyai gejala sama sekali. Bayi anda akan memerlukan tiga dosis vaksin hepatitis B, barulah dikatakan imunisasi hepatitis B akan lengkap. Dosis-dosis ini kan diberikan pada umur 2, 4, dan 12 bulan dikombinasikan dengan imunisasi rutin masa yang lain.

Cara penularan penyakit ini?

Virus Hepatitis B ditemukan di dalam cairan tubuh orang yang terjangkit termasuk darah, ludah dan air mani. Bayi-bayi yang ibunya mempunyai hepatitis B mempunyai resiko yang tinggi untuk tertular dengan penyakit tersebut pada saat dilahirkan.
Ada beberapa cara penularan penyakit Hepatitis B. Pencemaran kulit orang sehat oleh darah seorang penderita, mudah menularkan penyakit virus. Faktor lain adalah pemasang tatto, menindik telinga, pengobatan secara tusuk jarum, penyalahgunaan obat dan transfusi darah. Penularan dapat pula terjadi melalui hubungan seksual, air liur, keringat, mani dan melalui serangga-serangga penghisap darah, misalnya nyamuk. Juga bisa terjadi bila kulit luka, tersentuh benda-benda yang mengandung virus, misalnya sikat gigi, barang mainan, botol bayi, alat cukur, gelas minum, sarung tangan karet, handuk, alat-alat rumah sakit, dan lain sebagainya.

Pengobatan Terhadap Virus Hepatitis B

Tindakan preventif yang perlu dilakukan dan paling efektif untuk mencegah hepatitis B adalah imunisasi. Vaksin hepatitis B dapat diberikan secara aman kepada bayi tak lama sesudah kelahiran dan selama masa pertumbuhan. Sangat penting untuk memulai imunisasi hepatitis B sesegera mungkin setelah kelahiran untuk memastikan agar imunisasi bekerja seefektif mungkin. Dengan program vaksin bayi yang baru, bayi Anda akan terlindungi dari hepatitis B selama masa pertumbuhan dan awal masa kanak-kanak sewaktu resiko menjadi penyebar hepatitis B paling tinggi. Jika anak Anda sudah terinfeksi virus hepatitis B, obat-obatan yang ada sampai sekarang hanya untuk perawatan pendukung dan lebih dimaksudkan mencegah komplikasi yang mungkin timbul. Sampai saat ini belum ada pengobatan yang mampu menyembuhkan Hepatitis B.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar