Senin, 27 September 2010

Baik Buruk Kopi Bagi Tubuh Anda

Bagi sebagian orang, kopi memang dapat melancarkan pikiran, mengusir kelelahan, dan membangunkan dari rasa kantuk. Memang minuman yang satu ini sangat ampun mensugesti seseorang. Dengan hanya meminum seteguk kopi, maka tak lama kemudian tubuh sudah dapat merasakan reaksinya. Cepatnya reaksi yang ditimbulkan mngkin saja karena efek dari zat aktif yang berada dalam kandungan kopi, yaitu kafein yang dengan mudah bebas masuk dan lalu lalang dalam sel demi sel dalam tubuh kita.

Munculnya kopi dalam darah memancing keluarnya hormon norephinephine, semacam morfin yang diproduksi secara alamiah oleh tubuh. Hormon ini dapat membuat seseorang merasa senang , bersemangat, dan seolah siap berkiprah. Hormon ini juga mengendalikan pengeluaran keringat, meningkatkan tekanan darah,menguatkan denyut nadi, dan merangsang kerja ginjal. Ketika dia mulai beredar, keluahan seperti nyeri di kepala maupun rasa kantuk lenyap seketika. Otakpun menjadi lebih siaga. Meski efek stimulatif yang dirasakan tiak diragukan lagi, tapi tak satu ahlipun berani menyebutkan bahwa kafein bisa membuat seseorang berpikir lebih jernih atau kreatif.

Sementara itu efek kopi pada perasaan cukup rumit pula. Kafein diketahui memancing pengeluaran hormon norephinephine, neuritransmitter (zat kimia pembawa pesan-pesan di otak) yang bertugas mengendalikan mood, prilaku dan memori. Namun, itu hanyalah efek sementara. Kehadirannya segera akan direspon oleh tubuh dengan menghambat pengeluarannya, sehingga begitu efek kafein memudar, tubuh malahan merasa kekurangan norephinephine ini. Bila norephinephine tubuh rendah, orang akan mengalami keadaan yang mirip dengan keadaan stres.

Sebagai catatan, untuk Anda yang ingi menjaga libido, jangan terlalu banyak mengkonsumsi kopi. Sebab kafein yang terkandung dalam kopi bisa menurunkan tirosin, zat yang mengatur sirkulasi darah dan sangat penting dalam kesehatan fungsi tiroid, kelenjar yang antara lain mengatur berat badan, metabolisme, dan hasrat seksual Anda.

Efek positif Kopi

Dalam dosisi kecil sampai sedang kafein memang menimbulkan dampak stimulatif positif seperti telah dijelaskan di atas. Selain itu, kafein juga dapat melebarkan pembuluh darah , maka ia bisa dijadikan pertolongan darurat yang efektif pada serangan asma dan kesulitan bernafas (kafein melebarkan tuba bronkus paru-paru).

Jenis penyakit tertentu, terutama yang disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah, bisa pula diobati dengan secangkir kopi. Kafein juga terbukti dapat mengurangi keletihan otot dengan meningkatkan daya kontraksi otot yang letih itu sehingga bisa lebih bertenaga.

Kafein juga dapat meningkatkan daya terapi obat-obatan tertentu, misalnya obat penghilang nyeri yang mengandung acetaminophen. Dalam kedokteran kafein digunakan untuk mengobati bayi prematur yang terlahir dengan denyut jantung tidak teratur.

Efek negatif kopi bagi tubuh.

Minum kopi sedikit bisa berdampak positif, tetapi bila banyak bisa berakibat negatif karena menekan sistim kerja saraf pusat, selain itu juga mengganggu kerja molekul-molekul pengendali di otak dan menimbulkan serangkaian proses yang mengganggu kerja sel-sel saraf. Kandungan kafein rata-rata dalam secangkir kopi adalah 100mg, bisa kurang bisa lebih tergantung kekentalannya.

Konsumsi kafein lebih dari 200mg per hari dapat menimbulkan efek negatif, misalnya:

*. Susah tidur (insomnia), nyeri di kepala, merasa lelah dan depresi .

*. Nyeri ulu hati, nyeri lambung, diare serta menyulitkan buang air besar.

*. Memperparah gangguan pembuluh darah dan ateri jantung, meningkatkan kolestrol darah serta meneikan tekanan darah sementara.

*. Memperparah infeksi yang berkaitn dengan infeksi prostat.

*. Sesak nafas serta dan nafas tidak teratur.

*. Mengganggu proses anti peradangan tubuh.

*. Kafein dosis tinggi berpengaruh terhadap kerusakan kromosom.

*. Kafein dosis sedang (3 cangkir sehari) berpengaruh terhadap kerusakan sperma.

Dampak buruk pada wanita hamil maupun menyusui, yaitu antara lain:

*. Dalam dosis hanya 150mg sehari, kafein dapat mempengaruhi gerak fetus di dalam kandungan ibunya yang mengkonsumsi kopi, hal ini bisa mengakibtkan keguguran dan dan akan meningkatkan kemungkinan kelahiran premature atau berat badan lahir rendah.

*. Pada ibu yang masih menyusui, bayinya bisa mengalami susah tidur bila sang ibu peminum kopi berat.

*. Kafein dosis tinggi juga berpengaruh terhadap gangguan kesulitan kehamilan.

*. Merangsang cairan dalam lambung yang menimbulkan rasa panas atau perih (heartburn), kafein bersifat diuretic sehingga anda akan lebih sering buang air kecil.

*. Kafein akan meningkatkan detak jantung dan metabolisme anda, menyebabkan sulit tidur, dan perasaan cemas.

*. Kafein menyebabkan anda kehilangan kalsium.

*. Beberapa penelitian menunjukan, ada kaitanya antara konsumsi kopi dosis tinggi dengan tumbuhnya kista payudara pada beberapa wanita, Selain itu juga memperberat gejala sindroma prahaid.

*. Kafein mereka mengandung phenol yang menyebabkan tubuh sulit untuk menyerap zat besi. Padahal kita tahu zat besi dibutuhkan tubuh anda apalagi selama kehamilan ini.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar