Sabtu, 14 Agustus 2010

Terlalu Tua/Muda Bukan Halangan Tuk Raih Sukses

Jangan jadikan usia menjadi patokan dalam meraih kesuksesan, “saya terlalu tua” atau “saya terlalu muda” untuk melakukan terobosan yang mungkin sangat berguna bagi diri anda atau orang- orang di sekeliling anda.

Orang yang masih mempunyai optimisme yang tinggi untuk meraih sukses di usia tua itu sangat membanggakan, disini anda dituntut untuk menggambil suatu langkah sehingga nantinya tidak ada kata penyesalan. Misalkan, ”anda tau, jika saja saya tidak mengambil keputusan besar sesegera mungkin, saya akan menjalani sisa hidup saya dengan menjadi tua dan tidak puas. Sekarang saya merasa sama mudanya dengan 27 tahun yang lalu”. Kata- kata diatas menggambarkan kesuksesan yang diraih di usia senja setelah melakukan tindakan nyata dengan mengambil keputusan besar dalam hidupnya.

Demikian juga dengan “terlalu muda”, akan menjadikan kelemahan jika orang muda memandangnya demikian. Anda sering mendengar bahwa pekerjaan tertentu mensyaratkan kematangan fisik, itu omong kosong bahwa anda harus mempunyai rambut beruban, atau kepala agak botak, agar mendapatkan kepercayaan investor. Yang benar – benar penting adalah seberapa baik anda menguasai pekerjaan yang dibebankan kepada anda. Jika anda menguasai pekerjaan anda dan mengerti orang lain, ini berarti anda cukup matang untuk menanganinya. Usia tidak mempunyai kaitan dengan kemampuan, tunjukanlah bahwa anda mepunyai kelebihan dan sikap positif. Kemudaan anda akan dianggap sebagai keuntungan.

Berikut ini 3 hal yang perlu diperhatikan dan mulailah sekarang juga untuk melakukan tindakan yang nyata.

1. Lihatlah usia anda yang sekarang secara positif. Berpikirlah “ Saya masih muda” bukan “Saya sudah tua”. Berlatihlah memandang ke depan ke cakrawala baru, dapatkan antusiasme serta perasaan muda.

2. Hitung berapa banyak waktu produktif yang masih anda miliki. Hidup sebenarnya akan lebih panjang dan lebih berguna, apabila anda menggunakannya untuk hal-hal yang lebih bermanfaat.

3. Investasikan waktu masa depan dalam mengerjakan apa yang benar-benar ingin anda kerjakan. Terlalu terlambat jika anda membiarkan pikiran anda bersifat negative dan berpikir bahwa segalanya sudah terlambat. Berhentilah berfikir “ Saya seharusnya memulai bertahun-tahun yang lalu”. Itu adalah berfikir gagal. Sebagai gantinya berfikirlah, “ Saya akan memulai sekarang, tahun- tahun terbaik saya menanti di depan saya”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar