Minggu, 29 Agustus 2010

Bila Anak Sulit Tidur

Tidur yang terganggu akan menyebabkan penurunan fungsi otak, meskipun bagian otak yang lain dapat menggantikannya. Anak yang tidak dapat tidur malam dengan baik akan menjadi gampang marah dan depresi, sulit mengerjakan sesuatu, serta sulit berkonsentrasi di sekolah. Anak akan kehilangan nafsu makan, berat badan menurun, dan akhirnya jatuh sakit.

Bayi dan anak yang tidak dapat tidur dengan baik juga cendrung selalu ingin terjaga dan sulit untuk memulai tidur. Sulit tidur yang berkepanjangan akan mengakibatkan gangguan emosional dan anak menjadi kurang bergairah

Jika buah hati anda sering terbangun di tengah malam, atau tidak dapat tidur dengan tenang di malam hari, berarti tidurnya kurang nyaman. Beberapa hal yang menjadi penyebabnya, di antaranya:

* Sakit.

Sakit dapat mengganggu tidur si kecil. Jika anak menunjukan gejala sedang terserang sakit, seperti menangis, demam tinggi atau keluarnya ingus di hidung. Adanya infeksi saluran kencing juga dapat mengakibatkan anak menjadi sulit untuk tidur. hal ini ditandai dengan bangun beberapa kali untuk buang air kecil. jika hal ini terjadi segera hubungi dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

* Kecemasan.

Kekacauan di lingkungan, ditinggal orang tua, atau hanya masalah sekolah baru adalah beberapa hal yang menyebabkan anak menjadi cemas dan akhirnya mengalami sulit tidur baik di malam maupun siang hari. Jika orang tua dapat memahami dan membantunya menghilangkan penyebab kecemasan, tidurnya akan segera menjadi tenang kembali.

* Mimpi buruk.

Mimpi buruk dapat dapat muncul pada usia dini, tercetus oleh adanya pengalaman buruk atau tercetus begitu saja tanpa adanya penyebabyang jelas. Bangunkanah anak jika mengalami mimpi buruk sehinggajelas baginya bahwa mimpi tersebut tidak nyata. Berilah rasa aman dan ingatkan anak untuk berdoa agar ia tertidur lagi dengan lebih tenang.

* Takut ditinggal sendiri.

Anak terkadang enggan tidur di malam hari hanya karena takut ditinggal sendiri dan adanya kebutuhan untuk ditemani. Selain itu, bukan tidak mungkin anak dapat terbangun di tengah malam tanpa sebab yang jelas. Mungkin juga hanya ingin menarik perhatian anda sepanjang malam.

* Bermain di malam hari.

Banyak anak yang masih suka bermain di kamar tidurnya saat jam tidur malam tiba. Umumnya hal ini membuat anak menjadi enggan tidur sesuai jadwal karena keasikan bermain.

* Banyak tidur siang.

Usahaka agar anak engurangi tidur siangnya dan memperbanyak aktifitas fisiknya di siang hari. Ini akan membuatnya capai, dan lebih mudah tidur nyenyak di malam hari. Namun jangan biarkan anak dalam kondisi kelelahan fisikyang amat sangat sebelum tidur, karena ini akan dapat membuat tidurnya kurang nyaman.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar