Senin, 13 September 2010

Lindungi Arteri Dengan Lycopene

Lycopene adalah suatu karotenoid yang berada satu kelompok dengan betakaroten. Lycopene merupakan pigmen yang memberi warna merah pada tomat, jambu biji, dan semangka. Lycopene (C40H56), adalah senyawa fitokimia (disintesa oleh tumbuhan dan mikroorganisme) yang larut dalam lemak. Tubuh manusia tidak dapat mensintesa lycopene, sehingga untuk memenuhi kebutuhannya, manusia harus mendatangkannya dari luar tubuh melalui makanan. Di dalam tubuh, lycopene disimpan di hati, paru-paru, kelenjar prostat, dan kulit. Konsentrasi lycopene di dalam tubuh cenderung lebih tinggi daripada konsentrasi karotenoid lain.

Lycopene tertinggi secara alamiah ditemukan pada buah semangka, tomat dan grapefruit pink. Pada buah tomat yang dikenal sebagai sumber vitamin A dan vitamin C, tomat diketahui sebagai sumber utama lycopene, suatu komponen aktif yang berperan sebagai antioksidan.

Antioksidan pada lycopene mempunyai peranan yang tertinggi di antara karotenoid yang sudah dikenal. Lycopene memiliki kemampuan untuk menetralkan radikal bebas, terutama yang dihasilkan oleh reaksi metabolisme selular (suatu jenis radikal bebas yang sangat reaktif di dalam tubuh). Sebagai antioksidan, lycopene memiliki kemampuan mencegah reaksi oksidasi oleh radikal bebas masing-masing dua kali dan sepuluh kali kemampuan beta-karoten (vitamin A) dan alpha-tokoferol (vitamin E).

Lycopene dewasa ini sangat penting peranannya dalam dunia kesehatan, bukan hanya karena perannya dalam memberi warna pada buah tetapi karena kemampuannya yang menakjubkan untuk memadamkan radikal oksidatif yang berperan dalam proses penuaan dan beberapa penyakit degeneratif.

Beberapa studi juga menunjukkan bahwa lycopene dapat mencegah kanker prostat, kanker payudara, dan penyakit yang berkaitan dengan arteri koroner. Lycopene dapat mengurangi oksidasi low density lipoprotein dan membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Lycopene dapat mengurangi risiko penyakit degenerasi macular (gangguan penglihatan yang berkaitan dengan bertambahnya usia); oksidasi serum lipid; dan mencegah kanker paru, kandung kemih, cervix (leher rahim), dan kulit.

Sebuah setudi dewasa ini juga menemukan, bahwa perempuan dengan kadar antioksidan lycopene tertinggi berkemungkinan 33% lebih rendah mengembangkan penyakit jantung dibanding dengan yang punya kadar terendah. Lycopene membantu membersihkan kolestrol perusak dari arteri dan melindungi sistem kardiovaskuler secara keseluruhan dari efek stres yang berbahaya ini. Untuk meningkatkan lycopene, bisa dengan mendapatkan suplemen dosis 10 mg. Selain yang alamiah dengan memakan buah tomat semangka ataupun grapefruit pink sekarang ini sudah banyak sekali produsen multivitamin yang memasukan lycopene ke dalam formula multivitamin harian. jadi jika anada meminum suplemen multivitamin, kemungkinan anda sudah mendapatkan lycopene.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar