Sabtu, 28 Agustus 2010

Nama Terindah Untuk Anakku (Raysha/Wildan)

Banyak orang yang beranggapan tidak baik mempersiapkan nama untuk anak yang belum lahir. Mungkin saja mereka mengkaitkannya dengan kepercayaan tertentu, mitos, ataupun hal lain kurang rasional.

Tapi saya termasuk orang tua yang merasa wajib untuk mempersiapkan nama yang terbaik untuk anak saya, jauh sebelum mereka lahir. Tentu saja nama yang mempunyai makna yang baik dan indah. Nama bukan saja hanya sebagai identitas seseorang tetapi lebih dari itu, karena didalam arti sebuah nama yang baik dan indah disitu tersirat doa dan harapan yang baik pula.

Keindahan atau "beauty" adalah sifat dari sesuatu yang memberi kita rasa senang bila melihatnya. Pada umumnya, keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok. Keindahan juga dapat memberikan kita rasa keingintahuan tentang hal tersebut semakin terus bertambah. Sebagai contohnya jika kita bermusik,kita akan semakin mencari 'feel' apa yang cocok untuk hati kita. Demikian juga kita jika akan memberi nama. Tentu saja, nama yang baik dan memenuhi unsur-unsur keindahan (artinya indah, enak didengar) dengan harapan setelah lahir nanti akan nampak cantik maupun ganteng baik prilaku maupun wajahnya.

Nama anak pertama saya Rafif Safa Alzena, namanya tentu memuat doa dan harapan yang baik menurut saya, juga puitis dan memenuhi unsur-unsur keindahan. Nama itu berima di dua nama dibelakangnya. Sungguh enak menyebutnya. Rafif berarti berakhlak baik dengan harapan mempunyai akhlak yang baik yaitu berakhlak islami. Safa berati putih bersih dengan harapan putih bersih baik wajah maupun hatinya. Alzena berati nama bunga tanaman obat karena merupakan obat yang mujarap bagi orang tuanya.

Beberapa bulan ke depan, anak ke-2 saya insya Allah akan lahir. Menurut dokter, usia kandungan istri saya saat ini sudah minggu ke 26, dan insya Allah HPL nya bulan November. Dari hasil USG belum kelihatan jenis kelamunnya. Tapi tidak masalah nanti laki-laki atau perempuan. Kita syukuri aja apa yang diberikan nanti, karena itu adalah pilihan yang terbaik.

Karena belum tau jenis kelaminnya, maka untuk anak yang ke-2 ini saya persiapkan dua nama. Raysha untuk perempuan dan jika lahir laki-laki dengan nama Wildan. Nama belakangnya mungkin nanti saja mennyusul.......yang pasti mendekati lahir nanti sudah ada namanya. Dan trimakasih untuk de'k Rey.... atas usul namanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar