Senin, 20 September 2010

Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil

Dimana saat usia kehamilan Anda semakin bertambah, maka banyak sekali keluhan yang sering kita dengar pada wanita hamil terutama kesulitan untuk tidur dengan nyaman di malam hari. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu karena keadaan perut yang semakin membesar, gerakan bayi dalam kandungan, rasa tak enak didaerah ulu hati, dsb.

Berikut beberapa hal yang dapat Anda coba lakukan untuk membantu Anda agar tidur lebih nyaman di malam hari.

1. Cobalah mengatur posisi tidur.

Secara medis, ibu hamil dianjurkan untuk tidur dengan posisi miring ke kiri, hal ini dapat membantu mengoptimalkan aliran darah oksigen dan nutrisi ke plasenta. Dengan posisi ini maka rahim tidak menekan pembuluh darah besar yang dapat mengganggu aliran darah dari ibu ke janin. Sehingga asupan darah untuk pertumbuhan janin pun tetap berjalan baik.

Agar terasa lebih rileks, cobalah ganjal kaki dengan bantal. Dari tumit hingga betis dengan dua bantal, dan dari lutut hingga pangkal paha diganjal dengan 1 bantal. Posisi ini memungkinkan ibu hamil merasa lebih nyaman karena seluruh bagian kakinya memiliki penahan.


2. Mandi dengan air hangat.

Dengan mandi air hangat menggunakan sabun yang wangi dan segar akan membuat tubuh Anda menjadi rileks sehingga membantu anda siap untuk tidur dengan nyaman.

3. Minum segelas susu hangat.

Minum segelas susu hangat akan membantu anda untuk dapat tidur hal ini didasarkan susu mengandung asam amino tryptophan yang meningkatkan kadar serotonin dalam otak yang akan membantu anda untuk dapat tidur.


4. Hindari makan terlalu banyak saat menjelang tidur.

Saat hamil seringkali anda merasa ingin makan sesuatu saat malam hari tapi hati - hatilah karena bila keinginan untuk makan itu datang di waktu malam hari karena dapat mempengaruhi tidur anda. Cobalah untuk menghindari makan yang banyak atau terlalu kenyang saaat menjelang tidur. Anda dapat mengantinya dengan snak yang ringan atau segelas susu hangat.Hal ini untuk mengurangi rasa tak enak di daerah ulu hati atau perut anda yang juga akan dapat mempengaruhi saat tidur anda.

5. Hubungan seks.

Menurut beberapa ahli seksiologi, seks adalah suatu tindakan yang dilakuakan untuk melepas ketegangan yang diakibatkan oleh zat hormonal (endhorphin). Karena setelah melakukan seks, biasanya pasangan suami istri akan merasa lebih rileks dan melepas ketegangan.

Sedangkan menurut ahli penelitian, hormon endorfin yang terlepas dan mengalir kealiran darah saat melakukan akifitas seks berlangsung dapat menimbulkan perasaan tenang, rileks, gembira dan perasaan nyaman. Perasaan seperti inilah yang yang membuat orang mudah tertidur.

Tapi bila anda merasa ' Tidak Ingin" melakukan hal ini, mintalah pasangan anda untuk memberikan pijatan secara lembut sehingga anda akan merasa lebih rileks dan perasaan bahagia karena diperhatikan / dimanjakan.

6. Latihan menarik nafas.

Latihan menarik nafas dalam yang teratur dapat menolong mengurangi ketegangan otot dan membantu anda untuk tidur lebih baik.

Carilh posisi yang nyaman buat anda, duduk, berdiri ataupun berbaring, lalu tariklah nafas melalui hidung secara perlahan lalu tahan nafas selama 1-2 detik dan keluarkan nafas melalui mulut secara perlahan lakukan beberapa kali.

7. Selalu beristirahatlah selagi ada kesempatan untuk beristirahat.

Dengan istirahat pada waktu tertentu selagi Anda mempunyai kesempatan akan sangat banyak membantu. Apalagi jika janin banyak melakukan gerakan, kenali dan gunakan waktu di luar itu untuk istirahat.

8. Hindari banyak mengkonsumsi cairan menjelang tidur.

Kecenderungan Anda minum lebih banyak selama hamil dalam rangka memenuhi kebutuhan cairan, otomatis akan membuat proses pengeluaran cairan pun bertambah sering. Selain itu, rahim yang kian membesar akan mendesak kandung kemih Anda sehingga kapasitasnya berkurang. Untuk itu, dianjurkan untuk mengurangi konsumsi cairan lewat jam 5 sore atau bila mungkin jangan meminum apapun 2 jam menjelang tidur.

0 Komentar telah masuk:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kenangan Terindah Dari Anakku (RafifSafaAlzena)