Kamis, 23 September 2010

Mitos Dan Realitas Seputar Kesehatan Reproduksi

Masturbasi Bisa Menyebabkan Dengkul Kopong

Sperma tidak diproduksi di dalam dengkul, melainkan di testis. Pada tubuh remaja laki-laki yang sehat, dalam sehari sperma diproduksi lebih dari 50 juta sel. Setelah masturbasi biasanya timbul rasa lelah karena mengeluarkan energi seperti melakukan hubungan seks. Pada saat ini seluruh atot memang berada pada kondisi yang amat rileks.

Masturbasi Dapat Membuat Ejakulasi Dini

Pendapat ini salah. Ejakulasi dini disebabkan karena faktor psikologis juga karena gangguan organ reproduksi. Jadi masturbasi bukan merupakan penyebab terjadinya ejakulasi dini.

Sering Masturbasi Bisa Membuat Mandul.

Secara medis masturbasi tidak mengganggu kesehatan fisik selama dilakukan secara aman (tidak menimbulkan luka/lecet). Kemandulan biasanya akibat dari Penyakit Menular Seksual)PMS atau penyakit lainnya, seperti kanker atau karena sebab fisik lainnya misalnya sperma yang kurang baik.

Perempuan Masih Perawan Berdarah Pada Malam Pertama

Selaput dara sangat tipis dan elastis, letaknya sekitar 1-2 cm dari vagina sehingga sobeknya tidak mengeluarkan darah yang banyak dan merah(karena juga bercampur dengan cairan yang keluar pada perempuan ketika dia merasa terangsang). Dengan demikian, tidak setiap perempuan akan mengeluarkan darah ketika berhubungan seks pertama kalinya.

Payudara Dapat Diperbesar Dengan Diremas

Payudara tidak bisa diperbesar dengan diremas. Bila saat diremas payudara membesar, itu karena rangsangan dan pembesaran itu bersifat temporer. Setelah itu akan kembali seperti semula. Sedangkan besar kecilnya payudara dipengaruhi oleh faktor keturunan, gizi dan proporsi tubuh.

Penis Dapat Diperbesar Dengan Direndam Di Air Teh

Seperti halnya payudara, besar kecilnya penis dipengaruhi oleh faktor keturunan dan proporsi tubuh. Selain itu penis tidak terdapat otot yang dapat dilatih (diperbesar) seperti kalau seseorang seseorang memperbesar lengan tangannya. Jika penis membesar dalam air teh, pembesaran itu hanya bersifat temporer. Sampai saat ini belum pernah ada penelitian mengenai air teh untuk memperbesar penis.

Petting (Gesek-gesekan kelamin di bagian luar) Tidak Akan Menyebabkan Kehamilan

Mungkin ada benarnya. Kehamilan terjadi karena sperma membasahi sel telur (ovum). Tapi bukan berarti gesek-gesekan di bagian luar vagina bisa bebas hamil. Apabila terjadi ejakulasi, sperma yang tercecer di daerah luar vagina bisa berenang lewat cairan vagina. Jika terus terjadi kebiasaan petting bisa saja menyebabkan kehamilan.

Penyakit Menular Seksual (PMS) Dapat Dicegah Dan Diobati Dengan Minum Segala Jenis Antibiotik Sebelum Dan Sesudah Berhubungan Seks

Pendapat ini tidak benar, karena tiap PMS mempunyai karakter khas yang berbeda satu sama lain. Jadi butuh obat dan penanganan yang berbeda.

Kondom Berpori-Pori Dan BIsa Menularkan AIDS

Tidak benar jika kondom berpori-pori karena kondom terbuat dari karet (lateks) sehingga sperma dapat tertampung dengan baik dalam kondom.

Jika Hanya Berhubungan Seksual Sekali Tidak Akan Menyebabkan Kehamilan.

Pendapat ini keliru, pada prinsipnya pertemuan spera dan sel telur mengakibatkan terjadinya pembuahan terutama jika dilakukan pada masa subur walaupun dilakukan hanya satu kali.

Hubungan Dengan Penderita HIV/AIDS

Beberapa mitos yang salah yang sering terjadi di masyarakat adalah bahwa berhubungan sosial dengan ODHA (orang dengan HIV/AIDS) akan membuat kita tertular, seperti bersalaman, menggunakan WC yang sama, tinggal serumah, atau menggunakan sprei yang sama dengan ODHA.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar