Jumat, 22 Oktober 2010

Manfaat Jeruk Nipis (Citrus Auranfolia)

Banyak unsur senyawa kimia yang terkandung dalam jeruk nipis yang sangat bermanfaat dan membantu dalam masalah kesehatan Anda. Seperti halnya linalina setat, limonen, geranil asetat, sitral dan fellandren. Di dalam 100 gram buah jeruk nipis mengandung: vitamin C 27 mg kalsium 40 mg, fosfor 22 miligram, hidrat arang 12,4 g, vitamin B 1 0,04 mg, zat besi 0,6 mg, lemak 0,1 g, kalori 37 kkal, protein 0,8 g dan air 86 g. Jeruk nipis mengandung unsur-unsur senyawa kimia antara lain limonen, linalin asetat, geranil asetat, fellandren, sitral dan asam sitrat.

Dengan kandungan yang melimpah yang terdapat pada jeruk nipis tersebut, tak heran jika jeruk nipis ampuh menghadang amandel, ambien, sesak nafas, influenza, batuk, sakit panas, sembelit, terlambat haid, perut mules saat haid, disentri, perut mulas, lelah, bau badan, keriput wajah. Tak kalah pentingnya, jeruk nipis mampu menghambat pembentukan kristal oksalat yang merupakan penyebab penyakit batu ginjal.

Jeruk nipis yang sejak dulu kita kenal sebagai tanaman herbal penyembuh batuk ini, ternyata juga memiliki unsur yang dapat mewangikan mulut. Seperti yang kita ketahui, bau mulut kadang menyertai selama kita melakukan puasa. Aroma nafas yang kurang sedap ini bisa menjadi persoalan yang besar karena dapat mengurangi kepercayaan diri dan ini sangat mengganggu aktifitas Anda.

Kandungan limonen pada buah jeruk nipis diyakini berkhasiat sebagai aromatik yang mengharumkan dan menyegarkan. Sedangkan untuk menyegarkan nafas dan menghilangkan bau mulut, Anda dapat memeras jeruk nipis tambhkan dengan sedikit madu, aduk dan minum 1-2 sendok larutan ini setiap hari.

Artikel Yang Berkaitan.

1. Makanan Untuk Membantu Menurunkan Berat Badan.
2. Pemanis Buatan Bagi Penderita Diabetes Melitus (DM).
3. Berbagai Jenis Teh Dan Manfaatnya Bagi Tubuh.
4. Baik Buruk Kopi Bagi Tubuh Anda.
5. Mengenal Fungsi, Jenis dan Akibat Kekurangan Vitamin.
6. Lindungi Arteri Dengan Lycopene.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar