Sabtu, 23 Oktober 2010

Cengkeh, Rempah Yang Kaya Antioksidan

Cengkeh (Syzygium aromaticum) merupakan salah satu jenis tanaman renpah khas Indonesia. Dimana setiap bagian dari cengkeh baik pada bunga, tangkai, maupun daun mengandung komponen bioaktif fenol, yaitu eugenol, asetil eugenol, kariofelin, eugenia, venilllin, dan asam galotanin.

Cengkeh kini diyakini sebagai rempah-rempah yang memiliki kandungan antioksidan alami yang tinggi. Demikian diungkap peneliti asal Spanyol. Kandungan senyawa phenolic merupakan kunci dari tingginya antioksidan pada cengkeh. Dari pengujian lima sifat antioksidan, cengkeh memiliki kemampuan tertinggi untuk menghilangkan hidrogen, mengurangi peroksidasi lipid, dan merupakan peredam zat besi terbaik. Antioksidan sangat penting untuk menjaga makanan tetap segar dan penemuan itu dapat berimplikasi luas terhadap industri makanan sekaligus bermanfaat bagi kesehatan.

Bumbu beraroma khas ini juga mengandung zat kimia antiperadangan yang dikenal dengan eugenol. Studi-studi pada hewan menunjukkan, zat kimia ini menghambat COX-2, protein yang memacu peradangan.

Kombinasi antiperadangan dan antioksidan dalam cengkeh mempunyai sejumlah manfaat, mulai dari melindungi jantung dan membantu mencegah kanker, hingga memperlambat kerusakan tulang dan tulang rawan akibat radang sendi. Di samping itu, komponen dalam cengkeh (seperti yang terkandung dalam kulit manis) juga terlihat memperbaiki fungsi insulin.

Apabila Anda sakit gigi, cobalah meletakkan dua cengkeh utuh dalam mulut Anda. Biarkan cengkeh melembut, kemudian gigit perlahan untuk melepaskan kandungan minyak di dalamnya. Selanjutnya, gerakkan cengkeh tersebut ke area gigi yang sakit dan biarkan hingga setengah jam.

Minyak cengkeh berfungsi melawan bakteri sekaligus mempunyai efek mematikan rasa. Hasil tes menunjukkan, cengkeh juga membunuh bakteri tertentu yang kebal terhadap antibiotik.

Artikel Yang Berkaitan

1. Manfaat Yang Terkandung Dalam Buah Apel.
2. Manfaat Jeruk Nipis.
3. Berbagai Jenis Teh Dan Manfaatnya Bagi Tubuh.
4. Baik Buruk Kopi Bagi Tubuh Anda.
5. Mengenal Fungsi, Jenis dan Akibat Kekurangan Vitamin.
6. Makanan Untuk Membantu Menurunkan Berat Badan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar