Minggu, 03 Oktober 2010

Merangsang Perkembangan Anak Usia 1 Sampai 3 Tahun

Perkembangan anak sangat penting bagi kecerdasannya. Jika perkembangan anak optimal, maka kecerdasannyapun juga optimal. Namun jika perkembangan anak terganggu, demikian juga kecerdasannya.

Agar perkembangan anak Anda optimal, maka alangkah baiknya jika Anda berusaha mulai saat ini, mengoptimalkan perkembangan anak Anda. Perkembangan Anak akan sangat dipengaruhi rangsangan atau stimulasi yang kita berikan, berupa aktivitas yang dilakukan bersama. Berikut ini aktivitas-aktivitas yang dapat Anda lakukan bersama anak Anda dalam rangka mendukung perkembangannya.

Anak Usia 1 Tahun

Pada usia 1 tahun anak Anda seharusnya sudah bisa melakukan hal-hal sebgai berikut:

1. Merangkak dan duduk untuk bermain.

Anak pada posisi tengkurap dan berikan sebuah mainan di luar jangkauannya. Anak seharusnya merangkak untuk menjangkau mainan dan duduk tanpa bantuan, kemudian bermain dengan mainan tadi.

Ketika anak Anda dapat bergerak tanpa bantuan.berikan padanya mainan untuk didorong di lantai, misalnya bola plastik/karet yang aman bagi anak. Terkadang Anda dapat bermain dengan anakmelalui mendorong mainan kembali setelah dia mendorongnya ke arah Anda.

Jika anak Anda tidak dapat bergerak tanpa bantua, gunakan gendongan untuk mengajarinya bagaimana merangkak. Bantu dia dalam posisi merangkak dengan melilitkan kain di sekitar pinggang. Gunakan kain untuk mengangkat anak pada tangan dan lutut. Jika anak Anda tidak menggerakan tangan dan kakinya , ajarkan dia untuk menggerakan lengan dan kakinya ke depan oleh Anda sendiri.

2. Beralih tangan

Beri anak balok satu demi satu. Perhatikan apakah anak dapat memindahkan balok pertama ke tangan yang satunya ketika mengambil balok yang lainnya.

Hampir semua anak suka bermain dengan benda-benda yang berbeda bentuk, ukuran warna, dan tekstur. Disini anak akan belajar untuk meletakkan benda-benda ke dalan kranjang mainan dan mengambilnya keluar. Letakan semua mainan anak yang beraneka ragam disamping anak, dan letakan juga keranjang mainan di depan anak. Bantulah anak untuk mengambil salah satu mainan untuk dimasukan ke dalam keranjang, kemudian beritahukan kepada anak untuk memasukan benda benda yang lain juga. Bantulah anak untuk mengosongkan keranjang dan memulainya lagi.

3. Menirukan gerakan, suara atau kata-kata sederhana.

Ucapkan dengan suara atau dengan kata-kata sederhana beberapa kali (misalnya: ibu-bapak-air), anak seharusnya dapat melakukan hal yang sama. juga perhatikan jika anak melakukan hal ini di lain waktu saat pemeriksaan.

Buatlah agar anak Anda untuk mengulangi gerakan-gerakan yang Anda buat. Sebagai contoh, Anda bertepuk tangan dan mintalah anak untuk bertepuk tangan. Lambaikan "selamat tinggal" pada anak. Mintalah padanya agar melambaikan pada Anda. Jika anak mempunyai kesulitan. Letakan tangan Anda ke lengannya dan bantulah membuat gerakan tersebut.

4. Berdiri dengan bantuan.

Letakkan mainan di atas meja atau kursi yang rendah. Panggil anak untuk mengambil mainan tadi, bantu anak untuk berdiri dengan memegang kedua tangannya untuk mengambil mainannya. Lama kelamaan bantuan cukup dengan memegang satu tangannya saja, lalu tanpa bantuan.


Anak Usia 2 Tahun.

Pada usia 2 tahun anak Anda seharusnya sudah bisa melakukan hal-hal sebgai berikut:

1. Tahu bagaimana memakai sendok

Beri anak sendok dan suruh di menunjukan bagaimana cara memakainya. Anak harus memperlihatkan kepada Anda bagaimana makan dengan memasukan sendok ke mulutnya.

2. Menggunakan/ merangkai dua kata atau lebih.

Tanyakan kepada anak dengan pertanyaan sederhana, misalnya "kamu ingin makan apa". Anak seharusnya dapat menjawab sedikitnya 2 kata atau lebih.

Ketika anak Anda dapat menggunakan lengannya untuk bermain, anak akan dapat makan sendiri. Pada saat makan, letakan makanan kesuakaan anak di depannya. Duduklah disamping anak dan jelaskan pa anak jenis makanan apa itu, misalnya "ini kue", "ini kue kering" atau yang lainnya. Tempatkan tangan Anda di atas tangan anak. Bantulah dia untuk mengambil makanan ke atas dan membawanya ke mulutnya. Ulangilah hal itu, kurangi bantuan setiap kali.

Anak umur 2 tahun biasanya sudah tau namanya sendiri. Tunjukan pada diri anak dan tanyalah. "Siapa namamu?", dan ajri menjawabnya. Lanjutkan bertanya dari waktu ke waktu hingga anak mengucapkan namanya sendri. Gunakan nama anak ketika Anda berbicara dan bermain dengan anak.

3. Berjalan mendekat saat dipanggil namanya.
Panggilah nama anak, anak seharusnya berjalan mendekati Anda.


Anak Usia 3 Tahun

Pada usia 3 tahun anak Anda seharusnya sudah bisa melakukan hal-hal sebgai berikut:

1. Menyebut 3 hal dengan gambar

Berikan gambar, tunjukan pada satu gambar dan tanyakan 'Apakah ini?". Lakukan hal yang sama dengan menunjuk 2 hal lain yang ada di gambar tersebut.

Anda dapat melakukan banyak hal kegiatan dengan anak Anda untuk membantunya belajar tentang sesuatu di sekitar Anda. Kegiatan Anda akan membantu anak anak memberi nama pada benda dan memahami bagaimana kerja benda tersebut.

Kumpulkan benda-benda di halam rumah. Buatlah agar anak membantu Anda mengumpulkan benda-benda tersebut. Ambilah satu dari benda-benda tadi dan berikan pada anak untuk dipegang, tanyalah "apakah ini?". Jika anak tidak dapat menjawab dengan benar, bantulah dia untuk menjawab dengan benar. Anda dapat lakukan dengan bertanya terus-menerus tentang benda-benda yang dikumpulkan.

2. Berjalan dan berlari dengan baik.

Letakkan kotak di lantai yang melewati ruangan, mintalah anak berlari melewati ruangan untuk mengambil kotak, dan membawanya kembali kepada Anda.

Anak yang dapat berlari dan melompat suka mencoba banyak gerakan-gerakan. Bermainlah dengan anak untuk membantu dia menikmati gerakan-gerakan yang berbeda-beda. Anak Anda mungkin juga dapat berjalan berjinjit, mintalah padanya untuk berdiri pada jari kaki dan kemudian berjalan.

3. Memasukan dan mengeluarkan benda kecil atau dapan menyusun puzzle sendiri

Tunjukan tindakan tersebut dan anak melihat. Anak seharusnya dapat memasukan kancing atau kerikil di botol atau menyusun pazel sendiri kemudian mengeluarkannya kembali.

Kumpulkan 6 kotak kardus dengan ukuran yang berbeda-beda, tetapi bentuknya sama dan sebangun. Duduklah disamping anak Tunjukan bagaimana meletakan kotak-kotak yang ukuranya lebih kecil ke dalam kotak yang ukuranya lebih besar. Lepaskan kembali dan mintalah anak untuk melakukan hal tersebut. Berikan bantuan pada anak bila perlu.


Artikel Yang Berkaitan

1. Merangsang Perkembangan Anak Usia 6 Bulan.
2. Hal-Hal Yang Bisa Dilakukan Bayi Anda Pada Usia 3 Bulan.
3. Pengaruh Obesitas Pada Tingkat Kecerdasan Anak.
4. Mengenal Karakteristik atau Ciri-Ciri Khusus Anak Indigo.
5. Mengatasi Anak Yang Susah Makan.
6. Agar Si Kecil Kreatif Tanpa Agresif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar