Rabu, 18 Agustus 2010

Diagnosis dan Cara Mengobati Cacingan Pada Anak

Cara untuk mengetahui apakah seorang anak mendrita cacingan atau tidak sebenarnya tidaklah sulit bilamana cacing diketemukan keluar bersama tinja. Namun tidak semua kasus cacingan, cacingnya dapat diketemukan dengan mudah. Mudah tidaknya diagnosis cacingan tergantung berat ringannya kasus cacingan yang terjadi. Pada kasus tertentu diperlukan pemeriksaan tambahan dengan alat bantu mikroskop, untuk mencari telur cacing yang terdapat pada tinja penderita atau pun mencari telur cacing di sekitar anus dengan menggunakan usapan anus dengan perekat.

Namun, sebelum kita melakukan pemeriksaan lebih lanjut, kita dapat juga menduga terjadinya cacinga dengan melihat hal-hal yang timbul akibat cacingan. Jadi kita hendaknya teliti terhadap kondisi anak kita bilamana mengalami gejala berikut karena kemungkinan anak Anda mengalami cacingan.

* Berat badan cendrung menurun dan tidak sesuai dengan umur.

* Kurangnya nafsu makan,tidak bergairah, lesu, pucat dan mudah lelah.

* Konsetrasi dan daya ingat anak yang menurun sehingga anak sulit mencerna pelajaran di sekolah.

* Keluhan gatal-gatal di sekitar anus.

Jika gejala-gejala tersebut diatas didapati pada anak Anda, segeralah periksakan anak Anda ke dokter. Jangan biarkan penyakit cacingan menginfeksi tubuh anak hingga lama karena dapat membahayakan anak Anda.

Pengobatan.....

Cara terbaik untuk mengatasi infeksi cacngan adalah dengan memutus mata rantai penularan, misalnya dengan membasmi lalat dan lipas yang dapat membawa telur cacing ke makanan yang anak kita makan serta ketersediaan sarana sanitasi yang baik dan mencukupi. Namun, hal tersebut diatas memang terkadang agak sulit untuk kita lakukan...karena membutuhkan kesadaran dari semua pihak yang berada di lingkungan sekitar kita. Karena itu salah satu cara terbaik yang dapat kita lakukan sebagai langkah prefentif dari infeksi cacing yaitu dengan mengkonsumsi obat cacing secara teratur setiap 4 bulan sekali. Minumlah obat cacing yang mampu membasmi semua jenis cacing, terutama cacing cambuk (trichuris trichiura), yang dapat menginfeksi buah hati kita.

Tindakan pencegahan infeksi cacing....

* Cucilah tangan sebelum makan, pada maktu memegang anak maupun pada waktu menyuapi anak

* Cuci sayur mayur maupun buah- buhan segar di bawah kran yang airnya mengalir

* Gunakan kerodong/penutup makanan dan minuman agar terhindar dari lalat.

* Minum obat cacing setiap 3-4 bulan sekali secara teratur. Minum obat cacing yang mampu membasmi semua jenis cacing terutama cacing cambuk (trichuris trichiura).

* Anjurkan anak untuk selalu memakai alas kaki, tertutama jika bermain di luar rumah.

* Hindarkan anak Anda agar tidak makan atau jajan sembarangan yang belum tentu terjaga kebersihannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar