Senin, 14 Maret 2011

Touch Relaxation

Touch relaxation atau sentuhan relaksasi biasanya dimulai dari bayi cukup bulan usia 0-3 bulan. Dimana gerakan-gerakan relaksasi yang bisa dilakukan dapat berupa goyangan-goyangan ringan, ayunan-ayunan lembut ataupun tepukan-tepukan halus.

Teknik touch relaxation sebenarnya mudah dan sangat sederhana. Dapat dikerjkan secara mandiri atau bersama-sama pada waktu pijat bayi. Misalnya, diwaktu ibu mulai memijat kaki bayi, ternyata kaki bayi menegang dan kaku. Untuk mengatsinya, gunakan sentuhan-sentuhan relaksasi dan suara ibu agar kaki bayi menjadi rileks dan lemas kembali.

Mulailah dengan memegang kaki bayi, lalu goyang-goyangkan dengan lembut disertai dengan tepukan-tepukan halus. Katakan pada bayi, untuk melemaskan kakinya dengan nada yang lembut. Begitu dirasakan kaki bayi melemas berikan relaksasi yang positif dengan memujinya. Misalnya, dengan mengatakan " Aduh pintarnya" atau ciumlah dia.

Touch relaxatio ini dapat dikerjakan di setiap bagian badan bayi seperti di daera pundak, tangan maupun perut. Sentuhan relaksasi ini juga dapat dipakai untuk memulai gerakan pada setiap bagian badan bayi.

Artikel Yang Berkaitan
1. Mengenal Lebih Lanjut Prilaku Self Injury
2. Mengajarkan Anak Untuk Meminta Maaf.
3. Agar Anak Berprestasi Di Sekolah.
4. Upaya Menghilangkan Kebiasaan Buruk Anak.
5. Bagaimana Agar Lebih Dekat Dengan Anak.
6.Mengenali Masa Peka Belajar Anak.
7. Bagaimana Menasehati Anak.
8. Dampak Psikologis Atas Labeling Terhadap Anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar