Selasa, 21 Desember 2010

Khasiat buah Schisandra (Schisandra Chinensis)

Schisandra atau Magnolia Vinea (Schisandra Chinensis) umumnya di tanam di kebun. Tumbuhan ini tumbuh subur di hampir semua tanah, tetapi tempat yang paling baik untuk tumbuh dan berkembang adalah di tempat yang teduh dan terlindung. Buah schisandra banyak ditemukan di Tiongkok. Belum diketahui secara pasti penyebaran dan kemungkinan pembudidayaannya di Indonesia. Namun yang pasti tanaman ini bermanfaat bagi kesehatan.

Di dalam kitab herbal kuno dari Cina, Sheng Nun Pen Tsao Ching, disebutkan bahwa Schisandra berupakan herbal “papan atas” yang biasa digunakan untuk mengobati berbagai gangguan penyakit - terutama sebagai penguat liver dan pembersih paruparu. Disamping itu digunakan juga untuk kasus-kasus kelelahan fisik dan insomnia.

Dalam pengobatan tradisonal Cina, Schisandra Berry juga dikenal sebagai Wu Wei Zi (herbal 5 rasa). Buah schisandra memang memiliki 5 rasa, yaitu manis, asam, pedas, asin dan pahit. Sedangkan di dunia Barat biasa dikenal sebagai Magnolia Vine.

Kandungan buah Schisandra

Bahan aktif yang terdapat di dalam buah schisandra yaitu, antara lain:

O Asam

O Glutation(bahasa Inggris: glutathione, GSH) adalah tripeptida intraselular berbentuk Gamma-Levo-glutamil-L-sisteinil-glisina, dengan berbagai kegunaan, antara lain, detoksifikasi, antioksidan, pemeliharaan status tiol dan modulasi proliferasi sel.

O Lignan (terdiri dari Schizandrin, Deoxyschisandrin, Gomisin, Pregomisin) 19% dari berat buah Schisandra terdiri atas lignan, yang terkandung di dalam bijinya. Buah Schisandra mengandung 30 macam lignan. Kadang kala, lignan digambarkan sebagai fitoestrogen yang fungsinya mampu melindungi liver dan meregenerasi sel liver yang sempat rusak.

O Fitosterol.

O Vitamin C dan E.

Khasiat


O Schisandra berry utamanya berperan sebagai pembersih tubuh (detoksifikasi). Para peneliti di Cina meyakini bahwa Schisandra (Wu Wei Zi) mampu mendetoks tubuh, membuang parasit dan meningkatkan supply energi ke organ-organ vital.

O Schisandra juga mempunyai khasiat menekan efek samping dari kemoterapi dan pengobatan dengan radiasi (penyinaran).

O Kandungan bahan aktif Lignan dalan Schisandra akan melindungi lever dengan cara merangsang sel-sel tubuh yang menghasilkan antioksidan.

O Sebagai adaptogen Schisandra membantu menangkal

penyakit dan membantu tubuh beradaptasi terhadap stress, baik stress pikiran, stress fisik maupun stress karena bahan kimia.

O Schisandra merupakan tonik yang akan dapat mengembalikan vitalitas yang sempat menurun. Schisandra berry mampu meningkatkan tingkat energi tubuh.


Artikel Yang Berkaitan

1. Manfaat Yang Terkandung Dalam Buah Apel.
2. Manfaat Jeruk Nipis.
3. Lindungi Arteri Dengan Lycopene.

1 komentar:

  1. Schizandrin B present promising activities for future development of protective agents against CisPt nephrotoxicity. Schisandrin B

    BalasHapus