Jumat, 01 Oktober 2010

Cara Memberi ASI Pada Anak Dengan Keterbatasan

Supaya berhasil memberikan ASI pada anak, harus melihat anak secara keseluruhan. Makin sulit bagi anak mengendalikan gerakan badan, makin sulit juga baginya untuk menyusu, minum ataupun makan. Seorang anak dengan "Down Sindrom" (keterbelakangan mental) mempunyai masalah dalam menyusu sebab mulut dan bibirnya lemah, juga ada kesulitan dalam mengendalikan kepala.

Masalah dalam memberi makan pada anak CP lebih rumit lagi, sebab melibatkan gerakan mulut, kepala dan tubuh yang kurang terkendali, keseimbangan duduk kurang, cukup kesulitan dalam menekuk sendi paha ke depan untuk duduk, koordinasi mata-tangan yang kurang, dan kesulitan di dalam memegang dan membawa benda-benda ke mulut. Kita harus mempertimbangkan masalah di atas ketika mencoba untuk menolong anak supaya dapat menyusu, minum ataupun makan secara efektif.

Tidak cukup hanya dengan meletakan makanan dan minuman ke dalam mulut bagi anak yang mempunyai kesulitan dalam menghisap, makan dan minum. Pertama, kita harus mencari cara untuk membantu anak belajar menghisap, menelan, makan dan minum lebih normal dan efektif. Berikut ini adalah beberapa saran dalam memberikan ASI bagi anak dengan keterbatasan.

Posisi yang tepat untuk menyusui.

Pastikan bahwa anak dalam posisi yang baik sebelum Anda memulai memberi susu kepadanya. Posisi sangat menentukan di dalam pemberian makan menjadi lebih aman dan mudah, atau sebaliknya, menjadi lebih susah atau tidak aman.

Hindari posisi ini.

Jangan memberi ASI pada bayi disaat dia sedang terlentang dengan kepala mendongak, kenapa?

* Hal ini karena akan menyebabkan punggung menjadi kaku dan keras.

* Hal tersebut membuat pengisapan dan menelan menjadi lebih sulit.

* Kemungkinan tercekak lebih besar.

Posisi yang diharapkan

* Sedapat mungkin balikan badan anak menghadap badan Anda.

* Pegang di dalam posisi lebih tegak.

* Tahan pundak anak dan kedua tangannya ke depan.

* Tekan dada anak supaya kepalanya menekuk ke depan.

* Biarkan sendi paha dan lutut anak di tekuk, hal ini membantu menghindari kekakuan punggung, membuat pengisapan dan menelan lebih mudah, mengecilkan kemungkinan tercekak.

Artikel Yang Berkaitan

1. Hambatan Yang Sering Terjadi Pada Pelaksanaan Inisiasi Menyusu Dini (IMD).
2. Produksi Dan Komposisi Asi.
3. Cara Menyimpan Dan Memberikan ASI.
4. Tahapan-Tahapan Yang Terjadi Dalam Proses Inisiasi Menyusu Dini.
5. Inisiasi Menyusu Dini (IMD).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar