Kamis, 30 September 2010

Hal-hal Yang Bisa Dilakukan Bayi Anda Pada Usia 3 Bulan

Sebagai orang tua tentu saja akan senang apabila melihat perkembangan buah hati kita sesuai dengan apa yang kita harapkan. Dimana bayi Anda akan semakin aktif, sehingga akan membuat Anda semakin repot tentunya. Satu hal yang pasti yang sangat dibutuhkan oleh bayi adalhah rangsangan atau stimulasi. Perkembangan bayi akan sangat dipengaruhi oleh stimulasi yang kita berikan. Stimulasi itu dapat berupa aktivitas yang dilakukan bersama Anda dan itu dapat berbeda setiap bulannya.

Berikut ini aktivitas-aktivitas yang dapat anda lakukan bersama bayi Anda (di usia 3 bulan) dalam rangka mendukung perkembangan bayi sehat. Pada usia 3 bulan anak Anda seharusnya sudah bisa melakukan hal-hal sebagai berikut:

1. Mengangkat kepala

Letakan anak dalam posisi tebgkurap. Anak harus sudah dapat mengangkat kepala dan menahan lengannya dengan siku di tekuk.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan bersama bayi Anda.

* Berbaringlah terlentang dengan kepala di atas bantal/guling, tengkurapkan anak diatas perut Anda. Bicararalah kepadanya hingga dia melihat Anda dan mengangkat kepalanya.

* Tengkurapkanlah anak Anda. Bicararalah kepadanya atau peganglah mainan yang berwarna cerah di depannya. Rangsanglah supaya ia melihatanda atau mainan. Lalu biarkan dia bertumpu pada lengannya untuk menyentuh mainan tersebut.

* Goyangkan giring-giring atau bertepuk tanganlah di depannya untuk menarik perhatiannya. Jika anak Anda tidak mengangkat kepalanya, letakan bantal/guling di bawah dadanya. Kemudian bicaralah kepadanya atau buatlah bunyi-bunyian.

* Anda juga bisa meletakan tangan Anda di bawah dagunya dan membantu mengangkat kepalanya. Teruslah bicara kepadanya dan rangsanglah agar dia mengangkat kepalanya.

2. Tersenyum.

Lihat wajah bayi di matanya. Tirukan suara sederhana seperti "ba, ba, ba","ma,ma,ma". Anak akan tersenyum membalas.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan bersama bayi Anda.

Tahanlah anak pada pangkuan Anda dan lantunkan lagu-lagu pada anak. Goyang-goyangkanlah anak seirama lagu. Anak Anda mungkin membuat suara yang sama seperti, ba-ba, ma-ma. Ketika anak Anda membuat suara-suara ini Anda dapat juga membuat suara yang sama. Kemudian anak Anda akan tahu bahwa Anda menyukai suaranya dan dia akan mengulanginya. Anda dapat juga membuat anak Anda tertawa dengan membuat bunyi-bunyian dan gerak-gerakan dengan muka dan tangan.

3. Menggerakan kedua kaki dan lengan.

Lihat anak dan periksa jika dia dapat menggerakan kedua lengannya dan kedua kakinya dengan bebas.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan bersama bayi Anda.

Terlentangkan anak Anda, peganglah mainan di luar jangkauan anak dan biarkan dia meraih mengambilnya dari Anda. Anak mungkin dapat meletakan kedua tangannya pada mainan tersebut. Jika dia tidak dapat melakukannya, bantulah dia untuk meletakkan kedua tangannya pada mainan tersebut. Pakailah mainan yang berwarna-warni dan aman untuk anak sesusianya.

4. Menghisap.

masukan salah satu jari Anda yang bersih pada bibir bayi. Anak Anda berusaha menghisap jari Anda dan hisapan tersebut harus kuat.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan bersama bayi Anda.

Jika anak Anda kesulitan dalam minum ASI atau dari botol,usapkan jari Anda sekitar bibir anak dengan menggunakan gerakan melingkar, sebelum menyusui. Usahakan menyentuh pipi anak sebelum dan selama menyusui. Perlahan-lahan gerakan puting susu atau jari Anda ketas dan kebawah, sisi ke sisi untuk merangsang gerakan menghisap. Perlahan-lahan tarik puting susu atau jari Anda menjauh sesaat sementara anak menghisap, hal ini akan membantu anak tidak mendongak (ke belakang) tetapi agak ke depan, dengan disangga lengan Anda atau bantal.

Artikel Yang Berkaitan

1. Merangsang Perkembangan Anak Usia 1 Sampai 3 Tahun.
2. Merangsan Perkembangan Anak Usia 6 Bulan.
3. Mengatasi Anak Yang Susah Makan.
4. Agar Si Kecil Kreatif Tanpa Agresif.
5. Memilih Mainan Anak Yang Aman.
6. Mainan Buatan Sendiri.

1 komentar: